Translate

Kamis, 18 Mei 2017

MEDIA PERTUMBUHAN MIKROBA

Makanan Untuk Mikroba
Hasil gambar untuk media Nutrien
Sama halnya manusia, mikroorganisme juga membutuhkan makanan. Mikroorganisme membutuhkan makanan yang mengandung penyubur, vitamin, mineral, dan zat hara. Zat hara digunakan oleh mikroorganisme untuk pertumbuhan, sintesis sel, sumber energi, sumber karbon, nitrogen, sulfur, fosfat, hidrogen serta unsur-unsur lainnya.

Tahu nggak sih, mikroorganisme itu makannya apa ?
Terutama ketika harus di ditumbuhkan, apa yang cocok untuk mikroorganisme ?
Perlu kita ketahui bahwa salah satu makanan untuk mikroorganisme yaitu media / medium. Media adalah suatu bahan yang terdiri atas campuran nutrisi yang dipakai untuk menumbuhkan mikroba. Media sebagai substrat dimana mikroba dapat tumbuh yang disesuaikan dengan lingkungan hidupnya. Selain untuk menumbuhkan mikroba, medium dapat digunakan juga untuk isolasi, memperbanyak, pengujian sifat-sifat fisiologi, dan perhitungan jumlah mikroba. Media yang digunakan dalam pertumbuhan mikroba itu ada banyak dan sangat bervariasi yang dapat disesuaikan berdasarkan komposisi, fungsi, dan wujudnya.

apa saja jenis media berdasarkan komposisinya ?
berdasarkan komposisinya media terbagi 2, yaitu media sintetik dan media semi sintetik.Media sintetik terbuat dari 100 % bahan buatan dan diketahui komposisi maupun takarannya, sedangkan media semi sintetik terbuat dari bahan buatan dan bahan alami yang diketahui komposisinya tetatpi tidak diketahui takarannya                                                          .
Contoh Media Sintetik:
Media PCA merupakan media yang dapat digunakan untuk menumbuhkan semua jenis mikroorganisme seperti fungi, bakteri, alga, kapang, virus, dan protozoa. Contohnya yaitu,  Escherichia coli (E. coli), Salmonella sp, Staphylococcus aureus (S. aureus). Adapun Komposisi media PCA yaitu, trypton 0,5%, ekstrak ragi 0,25 %, glukosa 0,1 %, agar-agar 1,5 %.
2.     Media PDA
Hasil gambar untuk media potato dextrose agar
http://out-grow.com/
culture-media-isolation-tools-c-10/potato-dextrose-agar-pda-p-327.html
Media  Potato Dextrosa Agar (PDA) merupakan media yang digunakan untuk menumbuhkan kapang, bisa juga untuk khamir namun untuk pertumbuhannya tidak optimalContoh mikroba  Aspergillus sp, Mucor sp. Komposisi media PDA yaitu, kentang 200 gram, dektrosa 10 gram, bubuk kentang juga dextrose yang  merupakan sumber makanan untuk jamur dan kapang. Dextrose atau gugusan gula baik itu monosakarida maupun polisakarida nerupakan penambah nutrisi bagi biakan.
3.     Media NA
Hasil gambar untuk media nutrient agar
https://www.tokopedia.com/toko-alat-lab/
media-mikrobiologi-nutrient-agar
Media NA (Nutrient Agar) merupakan media yang digunakan untuk menumbuhkan bakteri. Media NA mengandung senyawa yang larut dalam air termasuk karbohidrat, vitamin, nitrogen organik dan juga garam yang dibutuhkan oleh bakteri. Adapun bakteri yang dapat ditumbuhkan adalah Escherichia coli (E. coli), Komposisi media Na terdiri dari Beef extract 3 gram, peptone 5 gram, agar 15 gram, aquades 1000 ml.

Contoh Media Semi Sintetik:
1.Media Kentang Agar
Media semi sintetik yang dibuat yaitu kentang agar. Media semi sintetik kentang digunakan untuk menumbuhkan jamur. Contoh mikroba yang dapat tumbuh adalah P.camberti. Kentang merupakan sumber karbon (karbohidrat), vitamin dan energi. Bagian kentang yang digunakan adalah sari patinya karena selain mengandung mineral juga mengandung pati (amilum) yang merupakan bentuk dari polisakarida sebagai tambahan makanan biakan. Organisme menyerap karbohidrat dari kentang dan gula serta agar yang telah bercampur.
2.     Media Tauge Agar
Media Tauge Agar merupakan media semi sintetik yang berfungsi untuk menumbuhkan mikroorganisme khamir dan kapang yang tersusun atas bahan alami (tauge) dan bahan sintetik (sukrosa dan agar). Tauge dapat menumbuhkan kapang dan khamir karena mengandung  vitamin, nitrogen organik, dan senyawa karbon. Komposisi tauge agar, yaitu Tauge 100 gram, sukrosa 60 gram, agar 15 gram, akuades sebanyak 1 L. Contoh mikroba yaitu, Rhodotorula sp., Candida famata, C. lipolytica.

apa saja jenis media yang berdasarkan fungsinya ?
berdasarkan fungsinya media terdiri dari beberapa jenis, yaitu media pengaya, media khusus, media penguji, media selektif, dan media differensial.

apa saja jenis media yang berdasarkan wujudnya ?
berdasarkan wujudnya media terdiri atas media padat, media cari, dan media semi padat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar